Tiga Hari Pasien Covid-19 Melonjak

Ruangan Penuh, RSD Kewalahan

Kamis, 22 Juli 2021 - 09:38:12 WIB

MEMBLUDAK: Petugas kesehatan RSD Kolonel Abunjani melayani pasien belum lama ini. Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 melonjak sejak tiga hari terakhir. 
MEMBLUDAK: Petugas kesehatan RSD Kolonel Abunjani melayani pasien belum lama ini. Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 melonjak sejak tiga hari terakhir. 

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Bangko - Pasien terkonfirmasi Covid-19 membludak masuk RSD Kolonel Abundjani Bangko dalam tiga hari terakhir. Semuanya harus menjalani perawatan dengan bantuan oksigen karena mengalami sesak nafas.

Direktur RSD Kolonel Abundjani Bangko, Berman Saragih mengungkapkan pihaknya cukup kawelahan menangani pasien covid-19 yang jumlahnya cukup banyak dan semuanya mesti harus mendapat penanganan medis.

"Tiga hari ini luar biasa lonjakan pasien Covid masuk rumah sakit. Kita dibuat Kewelahan menangani lonjakan pasien," ungkap Berman Saragih,(21/07).

Berman menceritakan ruang IGD RSD Kolonel Abundjani saat ini boleh dikatan over kafasitas karena pasien Covid dengan gejala sesak nafas dan harus diberi oksigen.

"Di IGD kemaren sempat diisi 30 lebih pasien, sementara idealnya IGD berkafasitas 14 pasien," sebutnya.

Dengan banyaknya Pasien terkonfirmasi positif Covid -19 Kabupaten Merangin, Berman menyebutkan jika pelayanan yang dilakukan dengan pasien tidak maksimal.

"Sebab, semua pasien mempunyai gejala yang sama. Dan semuanya butuh perawat.Sementara pasien mempunyai hak yang sama,"ungkap Berman.

Berman berharap dengan meningkatnya kasus Covid -19 di Kabupaten Merangin, agar masyarakat harus mulai sadar akan pentingnya penerapan protocol Covid -19.

"Ini kasus sudah sangat memprihatinkan. Dari awal memang sudah saya tekankan agar yang mempunyai gejala untuk tidak takut memeriksakan ke Rumah sakit. Sehingga penularan Covid -19 itu bisa dimanimalisir,"ungkap Berman lagi.

Sementara itu Juru Bicara (Jubir) Covid -19 Kabupaten Merangin menyebutkan jikapasien yang terkonfirmasi Covid 19 hingga kamis mencapai ratusan orang.

"Dalamnperawatan itu sebanyak 251 Orang, Kematian sebnyak 45 orang. Total kasus Covid -19 di Kabupaten Merangin tembus diangka 1.051 orang,"sebutnya.(min)




loading...

BERITA BERIKUTNYA