Setahun, Air Bersih Tak Kunjung Mengalir, Ini Jawaban Kades

Kamis, 22 Juli 2021 - 19:57:36 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARABULIAN - Sebanyak 118 sambungan rumah yang berada di Desa Kilangan, Kecamatan Muarabulian hingga saat ini belum sepenuhnya merasakan air bersih dari program hibah air bersih atau air minum perkotaan Kabupaten Batanghari.

Salah satu warga RT 01 Desa Kilangan, Wati mengungkapkan memang pemasangan Sambungan Rumah gratis tersebut sudah hampir lebih kurang satu tahun, namun Ia bingung kenapa hingga saat ini belum juga teralir air bersih tersebut.

"Saat ini kita mempunyai sumur bor hanya dapat dipergunakan mencuci dan mandi saja, namun untuk konsumsi air minum tidak dapat dipergunakan, karena air berkadar zat besi," ujarnya.

Untuk kebutuhan air minum bersih, Ia harus membeli air bersih. Dia berharap kepada pemerintah setempat, agar sambungan yang telah terpasang tersebut dapat dialiri secepatnya.

Sementara itu, saat dijumpai, Pj Kades Kilangan, M Jasmin mengatakan, program Sambungan Rumah (SR) itu dipasang secara gratis dari program masyarakat Berpenghasilan Rendah (BPR) melalui kegiatan Kementrian PUPR anggaran APBN 2019.

Hingga saat ini, kata dia pihaknya belum ada menerima laporan atau pengaduan dari warga sekitar berkenaan dengan SR yang airnya tak mengalir kurun lebih kurang satu tahun.

"Kami dari pihak desa, sampai saat ini belum tahu apa penyebab secara pasti yang airnya tidak mengalir hingga sampai saat ini, padahal pipa serta meteran sudah terpasang lengkap dalam kurun waktu lebih kurang hampir satu tahun lamanya. Mestinya sudah berfungsi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat untuk SR," jelasnya.(sub)




loading...

BERITA BERIKUTNYA