Angka Pencari Kerja Turun Drastis

Jumat, 30 Juli 2021 - 08:26:14 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SENGETI – Sepanjang dua tahun terakhir, angka pencari kerja di Kabupaten Muarojambi mengalami penurunan drastis. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penempatan da Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muarojambi, Akmal, Rabu (28/7).

Berdasarkan data, angka pencari kerja pada tahun 2019 sebanyak 1.279 orang, sementara pada tahun 2020 sebanyak 904 orang. "Dalam dua tahun ini, jumlah masyarakat yang minta kartu kuning di Disnakertrans Muarojambi untuk pencari kerja mengalami penurunan, mungkin disebabkan pandemi Covid-19," katanya.

Dia menjelaskan, dari 904 pencari kerja tahun 2020 yang terdaftar di Disnakertrans, hanya 195 orang yang mendapatkan penempatan kerja.

Sementara untuk tahun 2021ini, Akmal menyebut masih sepi yang mendatangi kantor Disnakertrans untuk mendapatkan kartu pencari kerja tersebut.

“Hampir setiap hari tidak ada yang melakukan pengambilan kartu pencari kerja tersebut, jumlah pastinya belum diketahui dan belum di rekap. Biasanya pencari kerja didominasi yang tamatan SMA dan SMK,” tandasnya.

Sementara di Batanghari, meski masih berada pada masa pandemi Covid-19, para pemohon kartu pencari kerja (Pencaker) di Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) masih kerap ditemukan. Berdasarkan data, sebanyak 407 orang yang ingin mencari pekerjaan. Ini dikatakan, Kepala Bidang Kompetensi dan produktifitas Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Batanghari, Asmidar.

Untuk para pencari kerja yang mengajukan permohonan untuk pembuatan kartu kuning sejak Januari hingga kini berjumlah 407 orang.

“Dari jumlah itu, 280 orang laki-laki dan 127 orang perempuan. Jenjang pendidikannya rata-rata didominasi tamatan SLTA sederajat dengann jumlah 306 orang," ucapnya.

Jumlah pencaker tahun 2021 menurun dari tahun sebelumnya, karena disebabkan saat ini adanya peniadaan tes CPNS.  Para pencaker yang membuat kartu kuning rata-rata beralasan ingin melamar kerja di sebuah perusahaan dibidang swalayan, seperti dan perusahaan lainnya.

"Kami akan selalu mencari informasi peluang pekerjaan yang ada di daerah, jika ada, maka akan diumumkan lewat website maupun papan pengumuman milik Disnaketrans sendiri," pungkasnya. (sub/jun/ira)




loading...

BERITA BERIKUTNYA