Dihadiri Wagub, PTPN VI Gelar Penanaman Peremajaan Sawit Rakyat Gandeng Koperasi

Kamis, 02 September 2021 - 09:01:01 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Gandeng Koperasi, PTPN VI Jambi gelar penanaman Peremajaan Sawit Rakyat di Muaro Jambi. Turut dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani.

Tak henti-hentinya, kehadiran PTPN VI Jambi membawa dampak positif ditengah masyarakat. Kali ini, perusahaan BUMN itu baru saja gelar Penanaman Peremajaan Sawit Rakyat.

Bertempat di Desa Panca Bakti, Kecamatan Sungai Bahar. Prosesi penanaman awal kemitraan seluas 55,47 Hektar tersebut, digelar secara secara seremonial, Rabu (01/09/2021).

Tak tanggung-tanggung, penyerahan program kemitraan yang menggandeng Koperasi Produsen Bakti Nusantara 56 tersebut, dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Abdullah Sani. Turut dihadiri, Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno beserta Anggota DPRD Muaro Jambi, Robinson Sirait.

Pada sambutannya, M. Iswan Achir, Direktur PTPN VI menjelaskan, Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) pola kemitraan tersebut, telah melalui beberapa tahapan.

Dimulai dari, pengumpulan calon petani PSR, verifikasi, hingga penyaluran dana BPDPKS yang memakan waktu kurang lebih satu tahun. Tak hanya itu, PTPN VI juga melakukan pendampingan dalam pemanfaatan dana replanting.

Sehingga, bilangnya, program Pemerintah Pusat dalam peremajaan Sawit, yang selama ini dicanangkan oleh Presiden RI dapat terealisasi dengan baik.

"Dengan peremajaan tanaman kelapa sawit ini, kedepannya petani dapat memperoleh hasil yang baik. Meningkatkan kesejahteraan petani, dan juga meningkatkan perekonomian di Sungai Bahar," ungkap M. Iswan Achir.

Wakil Gubernur Sambut Baik

Tak hanya itu, PTPN VI juga serahkan sertifikat Eks Pir-trans Sungai Bahar. Tak ayal, hal ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani.

Sani mengatakan, sejauh ini kehadiran PTPN VI di Jambi, telah membawa sumbangsi yang baik ditengah masyatakat. Dimana, dari keseluruhan sektor perkebunan di Jambi, Kelapa Sawit merupakan komoditas terbesar yang menyumbang 1 juta Hektar.

Sementara, untuk Muaro Jambi sendiri, terdapat kurang lebih 4000 Hektar kebun sawit yang akan diremajakan. Tak ayal, dengan kehadiran PTPN VI dengan program kemitraan PSR, dapat menunjang program kerja Pemerintah Pusat hingga ketingkatan daerah.

"Melalui pola kemitraan ini, diharapkan pelaksanaan peremajaan kelapa sawit akan lebih baik. Sehingga, mampu meningkatkan pendapatan petani kelapa sawit. Insya Allah meningkatkan kemampuan, dan pengembangan modal sosial. Sehingga, mitra PTPN VI ini menjadi masyarakat yang komunikatif," jelas Wagub.

Selanjutnya, usai beri kata sambutan, Wakil Gubernur Jambi dengan didampingi oleh Direktur PTPN VI, lakukan penanaman secara seremonial dilahan yang melibatkan 380 Petani Sawit.(*)




loading...

BERITA BERIKUTNYA