Hujan Lebat, Balai Pemuda Ambruk

Sabtu, 18 September 2021 - 08:30:42 WIB

AMBRUK: Kondisi Balai Pemuda di Kecamatan Kualajambi, yang ambruk pasca diterjang angin kencang.
AMBRUK: Kondisi Balai Pemuda di Kecamatan Kualajambi, yang ambruk pasca diterjang angin kencang.

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARASABAK - Hujan deras yang disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Kualajambi, Kabupaten Tanjab Timur, Jumat (17/9) siang. Ini membuat salah satu bangunan milik Pemkab Tanjab Timur di kecamatan yang terkenal dengan deretan cafe pinggir lautnya itu, ambruk.

Camat Kualajambi, Taufiq Kurniawan mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 atau menjelang memasuki waktu ibadah salat Jumat. Akibatnya, bangunan Balai Pemuda di tepi laut RT 01, Kelurahan Tanjungsolok, yang berbahan kayu ambruk.

"Tidak ada korban jiwa. Hanya saja ada satu kapal pompong milik nelayan yang lagi ditambatkan dekat bangunan itu, serta dua sepeda motor yang terparkir di situ tertimpa material bangunan. Tetapi tidak mengalami kerusakan parah," kata dia. Selain itu, ada juga bangunan bekas polsek dan bangunan warga yang rusak ringan.

Menurutnya, kondisi bangunan memang sudah mulai rapuh akibat termakan usia. Sehingga material bangunan sudah banyak yang tidak kokoh lagi.  Balai Pemuda tersebut dibangun sejak tahun 2000 silam pasca kebakaran besar yang terjadi di wilayah tersebut pada tahun 1999 yang lalu.

"Sudah lama tidak difungsikan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan. Di sana sering digunakan masyarakat sekitar untuk meletakkan sementara peralatan tangkap ikannya," ucap mantan Kabid di PMD ini.

Taufiq juga menjelaskan, dirinya telah melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan juga meminta Ketua RT serta Lurah setempat, untuk mendata yang selanjutnya membuat berita acara atas kejadian itu.

"Kita sedang menelusuri bangunan itu aset di dinas mana. Yang jelas bangunan itu adalah Balai Pemuda dan merupakan aset milik Pemkab Tanjab Timur, makanya saya minta dibuatkan berita acaranya terlebih dahulu," kata dia.

Masyarakat sekitar bersama pihak Forkopimcam telah melakukan pembersihan puing-puing bangunan yang roboh tersebut dan telah memasang palang agar masyarakat sekitar tidak terlalu leluasa mendekati lokasi tersebut, karena dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan mereka. (pan/rib)




loading...

BERITA BERIKUTNYA