29 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Sumber Api Diduga dari Rumah Kos  

Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:05:34 WIB

KORSLETING: Warga menyaksikan peristiwa kebakaran di Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Tanjab Barat, kemarin (12/10).
KORSLETING: Warga menyaksikan peristiwa kebakaran di Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Tanjab Barat, kemarin (12/10).

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KUALATUNGKAL, JAMBI - Empat rumah di Jalan Imam Bonjol (Andalas), RT 12, Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Tanjungjabung Barat, terbakar. Peristiwa kebakaran ini terjadi, Selasa, (12/10).

Insiden itu bermula sekitar pukul 09.55 WIB, saat Nur mendengar suara api yang membakar kayu. Sontak ia langsung naik kelantai dua, melihat api yang sudah membesar. Dia langsung memberitahu seluruh penghuni kos untuk mengamankan diri serta meminta pertolongan.

Tim Damkar Tanjab Barat, yang berada dilokasi menurunkan empat unit mobil damkar dilengkapi mesin portable dan dibantu dua unit mobil damkar yayasan Amal Budi Luhur, bersama warga melakukan evakuasi. Api baru dapat dipadamkan pada pukul 10.45 WIB.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kabupaten Tanjungjabung Barat, Guszirwan Rizal, mengatakan, akibat kejadian tersebut 4 rumah terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, "Ada dua rumah yang terbakar, dua nya lagi mengalami rusak ringan atap dapur bagian belakang saja terbakar, syukurlah tidak ada korban jiwa."

Lurah Tungkal IV Kota, HM Arif, menyebutkan,  sebanyak 29 warga kehilangan tempat tinggal. Saat ini korban mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga sekitar.

"Semuanya enam KK, totalnya ada 29 jiwa yang menjadi korban, termasuk lah 11 kamar kos yang dihuni 13 orang itu semuanya terbakar. Diduga asal api di kosan itu rumah Haji Nawawi, memang pada saat itu listrik hidup mati,"tutur Lurah.

Kapolres Tanjab Barat, Muharman Arta, melalui Kapolsek Tungkal Ilir menjelaskan bahwa kejadian tersebut diduga akibat arus pendek listrik PLN yang bermula muncul dari salah satu kamar kos milik H. Nawawi. Menurutnya, api mudah membesar sebab bangunan rumah terbuat dari kayu.

"Diduga akibat korsleting listrik. Api muncul dari lantai dua kamar kos itu. Saat itu kamar kos dalam keadaan kosong. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.Sementara kerugian secara materil belum dapat ditaksir," tandasnya. (rul/ira)




loading...

BERITA BERIKUTNYA