Jamin Aplikasi SikoJa Bebas Peretas

Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:06:06 WIB

JELASKAN: Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar saat menjelaskan mengenai capaian vaksinasi.
JELASKAN: Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar saat menjelaskan mengenai capaian vaksinasi.

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Aplikasi Sistem Informasi Kota Jambi (SikoJa) berbasis Smartphone yang dihadirkan oleh Pemkot Jambi guna memudahkan pelayanan publik bagi masyarakat Kota Jambi, dinyatakan bebas peretas oleh Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar.

Kata dia, bahwa dalam keamanan aplikasi SikoJa, pihak Kominfo Kota Jambi telah bekerjasama dengan Badan Sandi Negara (BSN). Sehingga keamanan aplikasi dari para peretas (hacker) lebih terjamin.

“Dari segi keamanan aplikasi SikoJa ini sudah terjamin aman dan terhindar  dari hacker, karena saat ini kami sudah bekerja sama bekerjasama dengan Badan Sandi Negara atau BSN,” ujar Abu Bakar.

Pengamanan yang ketat tidak lain bertujuan untuk mempertahankan kepuasan pengguna aplikasi SikoJa. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan sangat membantu, saat ini SikoJa sudah aktif digunakan terutama bagi Aperatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jambi.

Adapun fitur yang dapat diakses dalam aplikasi SikoJa antara lain, dashboard Covid-19, informasi jumlah kamar rumah sakit di Kota Jambi, zonasi Covid-19, jelajah Kota Jambi (transportasi umum), CCTV Kota dan beberapa lainnya.

“Fiturnya lengkap. Ada dashboard Covid, jumlah kamar rumah sakit, zonasi covid, jelajah Kota Jambi meliputi kendaraan umum, dan ada juga CCTV kota yang berisi tentang kepadatan Kota Jambi,” jelas Abu Bakar.

Dengan keamanan yang mumpuni, Abu Bakar berharap aplikasi SikoJa dapat disosialisasikan dan digunakan oleh seluruh masyarakat Kota Jambi. Sebab, sejauh ini penggunaan aplikasi ini masih dominan digunakan para ASN.

“Ini masih kendalanya, karena sejauh ini hanya ASN yang banyak menggunakan aplikasi ini. Tentu kita harap, ke depan masyarakat dapat menggunakan aplikasi ini juga,” tukasnya. (mg15/zen/rib)




loading...

BERITA BERIKUTNYA