Tertibkan Pasar Malam MKS

Pemkot Kerahkan Alat Berat

Senin, 18 Oktober 2021 - 08:56:58 WIB

DITERTIBKAN    : Alat berat untuk membongkar alapak pedagang di pasar malam MKS
DITERTIBKAN    : Alat berat untuk membongkar alapak pedagang di pasar malam MKS

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SUNGAIPENUH, JAMBI – Pemkot Sungaipenuh, mulai melakukan penataan wajah kota, agar terlihat rapi. Sabtu (16/10) kemarin, Pemkot Sungaipenuh melakukan penertiban lapak, di pasar malam Minum Kawo square (MKS), di samping Pasar Beringin Kota Sungaipenuh, dengan mengerahkan alat berat. 

Pembongkaran lapak pedagang di pasar malam MKS, dilakukan tanpa ada perlawanan dari pedagang. Karena, sebelumnya Pemkot Sungaipenuh telah menyiapkan lokasi baru, di jalan Ahmad Yani berdekatan dengan masjid Baiturrahman Kota Sungaipenuh. Bahkan, lokasi pedagang MKS yang baru, sudah diresmikan oleh Walikota Sungaipenuh, Ahmadi Zubir beberapa waktu lalu. 

Penertiban pasar malam MKS langsung dipantau oleh Alvia Santonii, Wakil Walikota Sungaipenuh, didampingi Pj Sekda Kota Sungaipenuh, Alpian bersama tim penataan kota. Pihak kepolisian dan TNI, serta Pol PP kota Sungaipenuh, hadir  untuk mengamankan jalannya penertiban itu. Dari pantauan di lapangan, Minggu (17/10) kemarin, aparat keamanan keamanan masih berjaga di lokasi MKS. 

"Pemkot Sungaipenuh secara bertahap, akan terus memperindah wajah kota. Namun, tentu dengan tidak mengabaikan para pedagang yang mencari nafkah di pasar kuliner. Fasilitas yang memadai bagi para pedagang, juga akan disediakan secara bertahap," kata Alvia Santoni. 

Dia menambahkan, pihaknya kembali meninjau proses penertiban dan penataan wajah kota, agar lebih dilakukan secara serius.

“Tadi saya langsung turun ke lapangan, guna memantau proses penertiban dan penataan wajah Kota Sungaipenuh di kawasan MKS," katanya.

Dia menambahkan, tidak hanya MKS yang akan ditertibkan, tapi pedagang buah di samping Kincai Plaza juga akan ditertibkan.

"Kepada pedagang, kita terus lakukan komunikasi secara persuasif dan humanis. Agar mereka secara sukarela bersedia untuk pindah, demi untuk memperindah Kota Sungaipenuh," katanya.

Dijelaskannya, sejauh ini pedagang sangat memahami dan bersedia untuk direlokasi ke tempat yang baru.

"Untuk pedagang MKS, kita sudah siapkan lokasi bagi mereka. Termasuk pedagang pasar buah, juga sudah disiapkan lokasi untuk mereka," katanya.
Dia berharap, dengan adanya pemindahan pedagang pasar malam MKS dan pasar buah ke lokasi yang baru, kemacetan di Sungaipenuh bisa terurai.

"Dengan selesainya pemindahan para pedagang MKS dan pasar buah ke lokasi baru, diharapkan kemacetan di Sungaipenuh bisa terurai," katanya.

Tim satgas yang dipimpin Pj Sekda Alpian, didampingi Asisten Perekonomian dan pembangunan, Ir Herman, memastikan kegiatan pembersihan dan penertiban kawasan MKS berlangsung lancar dan tertib.

"Pemkot telah menyiapkan kawasan pasar kuliner di jalan Ahmad Yani, sebagai lokasi baru bagi para pedagang kuliner yang sebelumnya berjualan di MKS," tandasnya. (sap/enn)

 




loading...

BERITA BERIKUTNYA