Overload, Sopir Truk Diberi Peringatan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:36:54 WIB

PERINGATAN TEGAS: Petugas Satlantas Polres Tanjab Timur, memeriksa kelengkapan surat kendaraan saat razia. Dalam razia itu, sopir dengan muatan berlebih diberi peringatan tegas. 
PERINGATAN TEGAS: Petugas Satlantas Polres Tanjab Timur, memeriksa kelengkapan surat kendaraan saat razia. Dalam razia itu, sopir dengan muatan berlebih diberi peringatan tegas. 

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARASABAK, JAMBI - Guna meningkatkan keselamatan berlalu lintas, Satlantas Polres Tanjab Timur rutin menggelar razia truk bermuatan melebihi batas yang telah ditentukan atau overload. Hal ini guna menindaklanjuti arahan dari Kapolda Jambi terkait penertiban pelanggaran lalu lintas yakni kendaraan yang melebihi kapasitas

Kegiatan ini dilakukan anggota Satlantas Polres Tanjab Timur di ruas jalan lintas Muarasabak - Nipahpanjang, atau tepatnya di Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjab Timur.

KBO Satlantas Polres Tanjab Timur Ipda Juni H Sianipar mengatakan, razia ini dilakukan guna mewujudkan aksi keselamatan berlalu lintas, terutama kepada pengendara motor yang kerap berdampingan saat melintas bersama kendaraan jenis truk berukuran cukup besar.

"Razia ini juga bertujuan untuk meningkatkan disiplin para pengendara truk, dokumen-dokumen kendaraan dan surat izin lainnya juga akan diperiksa apakah sesuai prosedur atau tidak," ucapnya.

Hanya saja, dalam kegiatan ini tidak ada penindakan dalam bentuk tilang, sebab para pengendara tersebut masih diberi imbauan secara persuasif dan seksama untuk segera melengkapi dokumen penting untuk perjalanan.

"Pengendara diwajibkan melengkapi dokumen seperti SIM, STNK dan surat izin angkutan saat akan melakukan perjalanan," ungkapnya.

Kegiatan razian ini pun akan terus dilakukan setiap hari oleh personil Satlantas Polres Tanjab Timur dalam menjaga kondisi lalu lintas jalan raya agar tetap kondusif, terutama di sejumlah titik jalan yang kerap dilalui truk besar bermuatan overload.

"Dalam kegiatan razia ini, per harinya bisa mencapai kurang lebih 20 kendaraan truk yang diperiksa dokumen perjalanannya serta isi muatannya. Jika nanti dalam giat selanjutnya ditemui pengendara yang telah diberikan himbauan tapi tidak mengindahkannya, makan pihak kepolisian berhak memberikan sanksi berupa penilangan," pungkasnya. (pan)

 




loading...

BERITA BERIKUTNYA