BPBD Tetap Siaga Karhutla

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:55:29 WIB

SIAGA     : Sulaiman, Kepala BPBD Kabupaten Tebo saat diwawancara
SIAGA     : Sulaiman, Kepala BPBD Kabupaten Tebo saat diwawancara

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARATEBO, JAMBI - Menyoal terkait siaga Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo diminta untuk tetap siaga oleh Satgas Karhutlah Provinsi Jambi. Hal ini disebutkan Sulaiman, Kepala BPBD Kabupaten Tebo ketika dikonfirmasi belum lama ini.

Hingga kini, diungkapkan Sulaiman, Satgas Karhutla Provinsi Jambi, belum memutuskan kapan siaga Karhutla di setiap daerah akan dihentikan. Sesuai dengan intruksi itu, BPBD Tebo menegaskan tetap menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya.

"Benar kalau dilihat intensitas hujan sudah mulai sering, namun kita diminta buntuk tetap siaga," kata Sulaiman.

Lanjutnya, meskipun belum ada kepastian kapan siaga Karhutla akan dihentikan dan anggaran yang di gelontorkan juga telah ditentukan, Sulaiman mengatakan, siaga Karhutla akan tetap dilaksanakan.

"Kejadian di musim ini, juga hanya sebatas titik panas saja," ungkapnya.

Dengan meningkatkan intensitas hujan di Kabupaten Tebo belakangan ini, Sulaiman mengatakan, Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi telah memberikan peringatan cuaca ekstrim. Artinya, masyarakat diminta untuk waspada perubahan cuaca secara cepat.

Saat ini, secara hitungan telah memasuki musim penghujan. Namun tidak menutup kemungkinan, panas dengan jangka yang panjang akan kembali terjadi. Dan hujan dengan angin juga bisa saja terjadi. 

"Kita diminta untuk menyampaikan ke masyarakat, agar tetap waspada dengan perubahan cuaca," tutupnya. (wan/enn). 

 




loading...

BERITA BERIKUTNYA