Lapas Bungo Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:49:16 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Muarabungo, Jambi - Dalam rangka memperingati HUT Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan nama Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021, Kalapas Bungo berserta jajaran berkunjung ke Taman Makam Pahlawan untuk berziarah sekaligus tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Satria Muarabungo, Selasa (26/10).

Kegiatan diawali dengan upacara penghormatan dan doa kepada arwah para pahlawan yang telah gugur, dirangkaikan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB, Ridha Ansari. Ia bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh pejabat struktural dan staf serta turut diikuti oleh jajaran Bapas Bungo.

Dalam suasana khidmat, Ridha Ansari mengajak seluruh jajarannya untuk memberikan penghormatan dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah diberikan kepada bumi pertiwi demi perjuangan bangsa dan negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga di pusara beberapa makam para pahlawan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muarabungo.

"Sebelum Dharma Karyadhika (HDKD), Kalapas Bungo berserta jajaran melakukan kegiatan ziarah serta tabur bunga untuk mengenang para pahlawan kita yang telah gugur," ungkap Ridha.

Dijelaskan dia, kegiatan tabur bunga merupakan sebuah tanda penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan Indonesia yang telah mengorbankan darah dan nyawa saat berjuang melawan penjajah.

"Kisah perjuangan para pahlawan dapat kita jadikan pedoman keteladanan dan semangat pantang menyerah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk disaat kita melaksanakan tugas," jelas Kalapas. (mai)




loading...

BERITA BERIKUTNYA