Berjemur Sambil Bernyanyi

Rabu, 24 November 2021 - 09:10:10 WIB

KEGEMBIRAAN    : Kegembiraan siswa SDN 28 Kota Jambi saat berjemur di lapangan.
KEGEMBIRAAN    : Kegembiraan siswa SDN 28 Kota Jambi saat berjemur di lapangan.

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Sejak berlakunya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Jambi, setiap sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan secara rutin berjemur. Rutinitas semacam ini, terkadang membuat siswa menjadi bosan. Untuk mengubah rasa bosan siswa menjadi kegembiraan, SDN 28 Kota Jambi mengajak siswa bernyanyi bersama, sambil melakukan gerakan sesuai irama saat berjemur di lapangan.

Eli Harnida, Kepala SDN 28 Kota Jambi menyampaikan, kegiatan berjemur selama 15 menit dilaksanakan setiap hari di SDN 28 Kota Jambi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 pada siswa. Kegiatan berjemur yang monoton, membuat siswa seringkali mengeluh dan enggan untuk berjemur. Dari sinilah muncul ide kreatif untuk menciptakan suasana berjemur yang menyenangkan bagi siswa, dengan membiarkan siswa bernyanyi bersama.

“Agar siswa tidak bosan berjemur, jadi kami membiarkan siswa untuk mengekspresikan dirinya. Ada yang bernyanyi, ada yang menggerakkan badan, ada yang bertepuk tangan macam-macam. Yang penting, siswa senang saat berjemur. Sembari itu, mereka juga bisa aktif,” ujar Eli Harnida.

Eli menambahkan, dalam kegiatan berjemur, pendidik hanya bertugas memberi arahan. Sedangkan, yang mengisi kegiatan diserahkan kepada siswa. Hal ini dikarenakan SDN 28 Kota Jambi termasuk dalam daftar sekolah penggerak di Provinsi Jambi. Jadi sesuai dengan program sekolah penggerak yang diusung oleh Menteri Pendidikan, siswa ditargetkan untuk lebih aktif.

“Karena SDN 28 Kota Jambi termasuk dalam daftar sekolah penggerak, jadi kami memang memfokuskan kepada keaktifan siswa. Jika dulu yang berada di depan adalah guru, saat ini dalam kegiatan berjemur, yang memimpin adalah siswanya. Nanti beberapa siswa maju ke depan untuk memimpin lagu, kemudian siswa lain mengikuti,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan berjemur seperti ini, Eli Harnida berharap, siswa tidak hanya terhindar dari penularan Covid-19. Namun, juga dapat tumbuh menjadi pribadi yang aktif, berani dan percaya diri. (mg15/enn)

 




loading...

BERITA BERIKUTNYA