Politeknik Jambi Memberikan Bantuan Mesin Cultivator kepada Kelompok Tani Sayur Desa Muhajirin

Kamis, 25 November 2021 - 08:48:05 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Sengeti, Jambi-Pandemi Covid 19 sangat berdampak pada semua sektor, salah satunya usaha pertanian. Semenjak pandemi ini melanda, pemerintah memberlakukan PPKM di Kota Jambi yang mengakibatkan sebagian besar petani mengeluh namun tidak sedikit juga yang tetap bangkit salah satunya para kelompok tani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sayur Desa Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota. Kelompok tani ini tetap bersemangat menggarap lahan mereka walaupun kelompok tani ini memiliki keterbatasan dalam peralatan cultivator yang harus mereka sewa dalam menggarap lahan untuk tetap memperoleh penghasilan setiap bulannya. Namun, dibalik permasalahan para petani ini, ada secercah harapan bagi mereka, harapan itu ada melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Jambi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Teknik Mesin Politeknik Jambi yang dilakukan oleh Novarini, M.T.dan Sepriyanto, M.T. sebagai dosen berkolaborasi dengan mahasiswa semester akhir Sandi Susanto, Iko Fransisko Siregar dan Sandra Lasmana ini mengangkat tema “PKM Cultivator Mini di Desa Muhajirin Kabupaten Muaro Jambi”. PKM ini berupaya mensolusikan permasalahan penyewaan cultivator dengan pembuatan cultivator mini oleh tim PKM yang selanjutnya difasilitaskan kepada kelompok tani agar semua petani dapat menggunakan mesin yang telah dibuat oleh tim ini. Selain memfasilitasi kelompok tani dengan mesin cultivator tim PKM juga melakukan transfer teknologi dengan memberikan pelatihan penggunaan dan perawatan cultivator kepada kelompok tani pada 25 dan 26 Agustus 2021.

Dengan dilakukannya serangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat membantu para petani dalam kelompok tani untuk tetap mewujudkan asa di tengah pandemik. “Bantuan ini merupakan komitmen Politeknik Jambi dalam mengedepankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga merupakan karya nyata dalam pelaksanaan pilar perubahan ketiga dan keempat yaitu kiblat riset teknologi di Jambi serta mitra utama pemerintah” pungkas Sigit Kurniawan, M.Si. selaku Kepala LP2M dalam sambutannya pada serah terima mesin cultivator dari Politeknik Jambi kepada kelompok tani pada 18 November 2021 mewakili Direktur Politeknik Jambi Ir. Hilda Porawati, M.T.

Sementara itu dipenghujung acara serah terima mesin, Tasnim selaku ketua kelompok petani, mengucapkan terimakasih kepada Politeknik Jambi, yang telah memberikan bantuan mesin tersebut. “Harapan saya, para petani sayur dapat memproduksi sayur yang lebih banyak “ tuturnya. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa dan Seketaris Desa Muhajirin, Datuk Ayatullah Mukni, S.Sos dan Muhamad Sabri, S.E,. Kepala Desa dan Sekretaris Desa ini mengucapkan terimakasih kepada Politeknik Jambi, terkhusus kepada tim pengabdian masyarakat, yang telah membantu pihaknya dalam mengembangkan kelompok tani di desanya.

“Terimakasih pada Politeknik Jambi, semoga petani sayur Desa muhajirin dapat kian berkembang ke arah yang lebih baik,” tutupnya. (*)

 




loading...

BERITA BERIKUTNYA