Cik Bur – Mashuri Bakal Ikuti Fit and Proper Test

Menanti Keputusan DPP

Jumat, 26 November 2021 - 08:32:29 WIB

MAJU: Tampak Burhanudin Mahir sedang duduk santai mendengarkan sambutan. Di mana ia maju dalam Musda DPD Partai Demokrat Jambi periode 2021-2026. Selain dia, juga ada nama Mashuri, yang merupakan Bupati Muarabungo.
MAJU: Tampak Burhanudin Mahir sedang duduk santai mendengarkan sambutan. Di mana ia maju dalam Musda DPD Partai Demokrat Jambi periode 2021-2026. Selain dia, juga ada nama Mashuri, yang merupakan Bupati Muarabungo.

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Musda DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, dilaksanakan Kamis (25/11) malam di salah satu hotel Kota Jambi. Dua bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, hadir dalam pembukaan Musda tersebut, yakni Burhanudin Mahir dan Mashuri. Namun, Musda tidak langsung akan memilih siapa yang menjadi Ketua DPD PD periode 2021-2026.

Herman Khairun, Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat mengatakan, Musda ini dilaksanakan sebanyak tiga fase. Pertama, Pramusda yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dalam fase pertama ini, bakal calon mendaftar, kemudian dilakukan verifikasi.

“Siapapun yang sudah mengantongi 20 persen dukungan, bisa mendaftar. Namun, jumlah dukungan itu, tidak menjadi pertimbangan bagi DPP untuk menentukan siapa ketua DPD PD terpilih,” katanya. Kemudian fase Musda, dilaksanakan sidang pleno pertama, pernyataan demisioner, kemudian pembahasan masa depan partai, program partai.

“Kemudian pleno ketiga akan menetapkan bakal calon, yang kemudian disepakati menjadi calon. Jadi Musda ini, hanya untuk mengusung calon,” katanya. Selanjutnya, fase ketiga adalah pasca Musda.

Dalam fase ini, meliputi fit and proper test terhadap calon yang di usung. Selanjutnya Ketua Umum ( Ketum ) DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menetapkan ketua DPD terpilih, untuk kemudian dilakukan pelantikan.

“Jadi, jumlah dukungan ini, hanya sebagai tiket untuk menjadi bakal calon saja. Selebihnya akan mempertimbangkan fit and proper test nanti. Makanya, kami tidak ingin menyebutkan secara rinci, masing-masing bakal calon mengantongi berapa dukungan. Kemungkinan dalam seminggu ke depan dilaksanakan fit and proper test,” katanya.

Sementara itu, Burhanuddin Mahir atau akrab disapa Cik Bur mengatakan, dirinya tentu akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh DPP Partai Demokrat. Termasuk fit and proper test yang akan dilaksanakan oleh DPP.

“Jadi Musda ini sifatnya hanya rekomendasi. Nanti ada fit and proper test, kita akan ikuti itu,” singkatnya. Di lain sisi, Mashuri yang juga merupakan Bupati Bungo, hadir dalam pembukaan Musda tersebut, sebagai bakal calon Ketua DPD PD Jambi. Usai me nghadiri pembukaan , Mashuri mengatakan dirinya siap maju dalam pemilihan ketua. Dia juga optimis bisa unggul dalam pemilihan ke tua DPD Demokrat Provinsi Jambi.

“Kalau saya tak cukup syarat tak mungkin saya di sini,” ujar Mashuri, yang sebelumnya adalah politis dari PAN ini. Dia mengatakan dirinya sudah mengumpulkan persyaratan sebagai ketua . Namun saat ditanyakan bagaimana persiapannya dia enggan membeberkannya. “Tanya saja sama tim penjaringan nanti,” singkatnya. (enn)




loading...

BERITA BERIKUTNYA