Tiga Desa Diganti Untung untuk Pembangunan Tol Trans Sumatera di Provinsi Jambi

Jumat, 14 Januari 2022 - 13:29:15 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Kota Jambi, Jambi— Pembangunan tol trans Sumatera di Provinsi Jambi akan dapat terlaksana pada tahun 2022 ini. Sebab, data yang berhasil didapatkan Jambi Independent ada tiga wilayah yang sudah dibayarkan ganti untung ke warga yang memiliki tanah yang akan dilintasi pembangunan tol di Jambi.
Tiga wilayah yang sudah diganti untung itu, berada di Kabupaten Batanghari, Muaro Jambi dan Tanjab Barat.

Ismed Syahalam Kabid Pengadaan Tanah, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jambi membeberkan tiga wilayah itu, di Desa Gerunggung Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi, Desa Selat Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari dan Desa Brasau, Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjab Barat.

“Untuk Desa Gerunggung kemarin telah diserahkan pembayaran pada Desember 2021 lalu. Dengan sebanyak 101 bidang tanah yang dibayarkan," kata dia Kamis (13/1). Kemudian, untuk di Desa Selat terdapat 85 bidang tanah yang telah dibayarkan, dan untuk desa Brasau terdapat 3 bidang tanah yang dibayarkan.

“Untuk nominal yang dibayarkan kami tidak mengetahui. Itu berada di Kantor Jasa Penilaian Publik sebagai lembaga yang independen,” ucapnya.

Pihaknya juga saat ini tengah melakukan revisi penetapan lokasi ke Pemprov Jambi. Sebab, masih ada desa yang belum ada di petekan.

"Ini segera kita lakukan revisi penlok dan di Tanjab Barat ternyata ada penambahan desa baru. Karena kami tidak berani kalau belum ada di dalam penlok," jelasnya.

Untuk proses pembayaran dilakukan oleh pusat dengan Kementerian PUPR RI.

"Jangan sampai setelah kita melakukan penilaian, ternyata anggaran dari kementerian itu tidak ada. Makanya kami selalu koordinasi dengan kementerian, bila anggaran tersedia kami langsung ajukan penilaian, dan anggaran itu tak selalu tersedia," ungkapnya.

Perlu diketahui, jalan Tol Trans Sumatera yang melalui daerah Provinsi Jambi nantinya dibagi dua, yakni Jalan Tol Jambi-Rengat dan Jambi-Betung. Total keduanya memiliki panjang 150,6 kilometer dan masing-masing untuk Tol Jambi-Rengat sepanjang 116 kilometer kemudian Jambi-Betung 33,96 kilometer.(slt)




loading...

BERITA BERIKUTNYA