Sungai Batang Hari Masih Aman, Ini Kata BPBD

Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:13:20 WIB

AMAN : Kondisi sungai Batang Hari saat petugas mengecek ketinggian sungai.
AMAN : Kondisi sungai Batang Hari saat petugas mengecek ketinggian sungai.

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Kota Jambi, Jambi - Beberapa hari terakhir, curah hujan di Provinsi Jambi mulai berkurang. Ini membuat permukaan sungai Batang Hari kembali stabil.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah mengatakan, untuk saat ini kondisi Jambi masih aman. Ketinggian sungai Batang Hari juga masih aman.

BACA JUGA : Tiga Desa Diganti Untung untuk Pembangunan Tol Trans Sumatera di Provinsi Jambi

Kata dia, saat ini puncak musim hujan belum merata di Provinsi Jambi. Masih ada daerah yang tanpa hujan dalam kurun waktu tiga sampai lima hari.

"Kondisi Sungai Batang Hari masih sekitar 10 sampai 11 meter, ini masih aman. Apalagi tak ada hujan," kata dia.

Meski demikian, Pemprov Jambi juga tetap bersiap dalam pencegahan bencana Hidrometeorologi dengan menetapkan status kesiapsiagaan bencana. Sehingga, antisipasi bisa dilakukan dengan baik.

"Kita terus melakukan operasi di sungai dan melihat debit atau ketinggian sungai Batang Hari," tambahnya.

Lanjutnya, pihaknya juga belum menaikkan status siaga bencana hidrometeorologi, pasalnya sampai saat ini belum ada banjir besar yang melanda di daerah kabupaten/kota.

"Belum bisa kita naikkan, karena kabupaten kota juga belum menaikkan statusnya. Kecuali Kabupaten Bungo," sebutnya.

Sebelumnya, BPBD Provinsi Jambi tengah menghitung personel dan peralatan yang dapat digunakan apabila terjadi banjir. Namun, kondisi saat ini hanya banjir sementara.

BPBD Provinsi Jambi sendiri telah menyiapkan tiga kapal evakuasi, dan kapal lainnya dibantu Ditpolairud dan Basarnas. Kapal ini tinggal digerakkan bila terjadi banjir. (slt)




loading...

BERITA BERIKUTNYA